Jumat, 05 Desember 2014

Metoda Triangulasi

Metoda Triangulasi

Dalam trigonometri dan geometri , triangulasi adalah proses penentuan lokasi titik dengan mengukur sudut untuk itu dari titik yang diketahui di kedua ujung dasar tetap, daripada mengukur jarak ke titik langsung ( trilateration ). Triangulasi juga dapat merujuk kepada akurat survei sistem dari segitiga yang sangat besar, yang disebut jaringan triangulasi.
Jarak ke titik dengan mengukur dua sudut tetap.
Triangulasi 
Triangulasi dapat digunakan untuk menghitung koordinat dan jarak  dari pantai ke kapal. Pengamat di A  mengukur sudut α antara pantai dan kapal, dan pengamat di B  berbuat demikian untuk  β. Dengan panjang l atau koordinat A  dan B   diketahui, maka hukum sinus dapat diterapkan untuk menemukan koordinat kapal di C   dan jarak d. Koordinat  dan jarak ke titik dapat ditemukan dengan menghitung panjang salah satu sisi segitiga , pengukuran tertentu sudut dan sisi segitiga yang dibentuk oleh titik dan dua titik referensi lainnya diketahui.
File: Jarak dengan triangulation.svg
\ Ell = \ frac {d} {\ tan \ alpha} + \ frac {d} {\ tan \ beta}
Karena itu
d = \ ell \, / \, (\ tfrac {1} {\ tan \ alpha} + \ tfrac {1} {\ tan \ beta})
Menggunakan identitas trigonometri  tan α = sin α / cos α dan sin (α + β) = sin α cos β + cos α sin β , ini setara dengan:
d = \ frac {\ ell \ sin \ alpha \ sin \ beta} {\ sin (\ alpha + \ beta)}
Dari ini, mudah untuk menentukan jarak dari titik yang tidak diketahui baik dari titik pengamatan, yang utara / selatan dan timur / barat offset dari titik pengamatan, dan akhirnya koordinat penuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar